Arti Nama


Telah berkali-kali saya bertanya kepada orang tua saya mengenai arti nama saya, bahkan jauh sebelum Ibu Nisa memberi tugas mengenai arti nama. Sayangnya berkali-kali itu pulalah ibu saya menjawab bahwa nama saya tidak memiliki arti apa-apa karena beliau hanya asal mencomot sebuah nama yang menurutnya enak didengar.  Setelah saya mengatakan pada Ibu saya bahwa saya harus mencari tahu mengenai nama saya dikarenakan tugas yang mendesak, barulah beliau berkenan untuk memberikan jawaban.

Beliau mengatakan bahwa ide dalam memberikan sebuah nama depan bagi saya bermula ketika beliau bertemu dengan kerabat jauhnya yang cantik dan imut. Karena itu beliau memberi nama depan yang serupa bagi saya dengan harapan bahwa saya akan menjelma menjadi wanita yang secantik dan seimut kerabatnya itu.

Beruntunglah saya, karena dilahirkan di zaman ketika seseorang telah menemukan google. Melalui google itulah saya berhasil menemukan arti nama depan saya. Nama depan saya sesungguhnya adalah nama yang diperuntukkan bagi anak laki-laki, disebutkan pulalah artinya yang berasal dari bahasa Gaelith, yaitu oath atau pledge, yang dalam bahasa Indonesia berarti janji atau sumpah.

Sedangkan nama belakang saya, rupanya memang tak ada niatan lain bagi ibu saya selain berharap bahwa putrinya ini kelak akan tumbuh sebagai gadis tulen yang gerak-geriknya mencerminkan pribadi yang dapat disimbolkan dengan karakter bunga yang gemulai.

Pengaruh nama bagi prilaku saya? Benarlah apa yang dikatakan orang selama ini, bahwa dalam setiap nama terselip doa. Saya selalu berusaha untuk memenuhi kata-kata atau janji saya, seperti halnya arti dari nama depan saya. Sedangkan untuk nama belakang saya, rupanya Tuhan berkata lain, mungkin Ia berkehendak untuk mengajarkan kedua orang tua saya bahwa tidak semua yang kita harapkan bisa kita dapatkan.

Tidak ada sama sekali keinginan dari saya untuk mengganti nama, karena menurut saya bukan nama yang membentuk seseorang. Justru sebaliknya, apa yang dilakukan orang itulah yang membuat namanya,, ketika disebut memberi arti tertentu bagi orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog.

Journal of a journey, knowing myself by reflecting the experience as a free educator and share the feelings and thoughts along the journey...